Salah satu fungsi logika yang digunakan pada Microsoft Excel yaitu fungsi Sumif. Fungsi Sumif merupakan gabungan fungsi Sum (penjumlahan) dan fungsi If (logika). Jadi SUMIF adalah fungsi yang dipakai untuk menjumlahkan nilai-nilai yang terdapat pada suatu range data, hanya saja nilai yang diambil berdasarkan pada satu kondisi atau kriteria tertentu.
Syntax dari fungsi SUMIF adalah sebagai berikut :
SUMIF(range;criteria;sum_range)
Keterangan :
range : range dari cell-cell yang ingin kita evaluasi.
criteria : kondisi atau persyaratan yang ingin kita tentukan.
sum_range : range yang akan dijumlahkan.
Cara penggunaan fungsi Sumif silahkan buka Ms Excel kemudian ikuti langkah-langkah berikut:
1. Buatlah tabel seperti terlihat di bawah ini (A1:C11). Kita akan mencoba menghitung total dari Spidol saja kemudian hasilnya akan kita tempatkana pada C12.
2. Tempatkan cursor pada sel C12 dan ketikkan formula berikut :
=SUMIF(B2:B11;"Spidol";C2:C11)
Ini artinya kita memberi perintah kepada excel untuk memeriksa range B2:B11, syarat yang kita tentukan adalah "Spidol". Jadi apabila pada range B2:B11 terdapat sel yang berisi "Spidol", maka baris yang sama pada range C2:C11 akan dijumlahkan.
3. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Nilai 10 diperoleh dari penjumlahan untuk kriteria Spidol saja.
Demikianlah contoh sederhana tentang penggunaan fungsi Sumif pada Microsoft Excel, Klik disini untuk mendownload contoh worksheet penggunaan Sumif seperti contoh di atas.
fungsi SUMIF ternyata sangat memudahkan kita dalam menjumlahkan sesuai kriteria. sangat bermanfaat gan. makasih
BalasHapus