Home » » Fungsi Sum Pada Ms Excel

Fungsi Sum Pada Ms Excel

Written By Dwi Haryanto on Selasa, 11 Juni 2013 | 22.45


Fungsi Sum pada Microsoft Excel merupakan fungsi yang sering digunakan dalam pengolahan data Excel, karena fungsi Sum ini dipakai untuk penjumlahan. Fungsi penjumlahan ini bisa digunakan untuk menjumlahkan data dalam satu sheet, antar sheet dalam satu file, bahkan bisa juga digunakan untuk antar file.

Syntax fungsi Sum adalah sebagai berikut:

=SUM(number1;number2;...)

number1,number2,dst. harus berisi format angka supaya bisa dijumlahkan.

Contoh penggunaan fungsi Sum:
1. Buka Ms. Excel kemudian isikan sel B1:B5 dengan angka-angka seperti gambar di bawah ini.

A B
1 10
2 15
3 20
4 5
5 30
6 Total =SUM(B1:B5)
7

2. Letakkan kursor pada sel B6 kemudian tuliskan rumus berikut:
   =SUM(B1:B5) lalu tekan "Enter"
3. Maka hasilnya pada sel B6 adalah "80". Angka 80 didapat dari penjumlahan dari sel B1 sampai dengan B5.
A B
1 10
2 15
3 20
4 5
5 30
6 Total 80
7


Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Belajar Microsoft Excel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger